Monday, April 28, 2014

Sistem Informasi Asuransi

Kesimpulan Pertemuan Pertama Sistem Informasi Asuransi

Apa alasan Anda untuk memiliki uang?
sebagian besar orang-orang memiliki tujuan hidup untuk mencari uang. hal-hal dibawah ini yang menjadi alasan utama seseorang untuk mencari uang:


  • untuk bertransaksi

          Seluruh kebutuhan yang seseorang dapat dibeli menggunakan uang. jika anda berlibur pun tetap disebut transaksi karna seseorang berlibur menggunakan uang untuk membeli jasa dari jasa liburan


  • Investasi

          Kita tidak mungkin menghabiskan seluruh uang kita untuk transaksi kebutuhan, jika seseorang memiliki uang berlebih maka orang tersebut biasanya melakukan investasi di suatu tempat, seperti pasar modal, deposito, dll


  • Berjaga-Jaga

         Untuk memenuhi kebutuhan yang secara mendadak dan tak terduga adalah salah satu fungsi uang stlh kita bertransaksi dan investasi. sehingga ada kebutuhan mendadak, kita tidak kelimpungan dalam mencari uang yang dibutuhkan.


         Di dunia ini ada yang memiliki uang berlebih dan ada yang memelukan uang berlebih. Bank menjadi penengah dari kedua pihak tersebut. orang yang memiliki uang berlebih akan menabung di bank, dan orang yang butuh uang lebih akan meminjam di bank. bank akan memberikan bunga(i1) kepada orang yg meminjam bank. dan memberikan bunga(i2) deposito kepada orang yang menabung di bank. dengan hukum bunga i2<i1, supaya bank dapat mengambil keuntungan.

Asuransi


Secara Umum asuransi dibagi menjadi 4:

  • Marketing
  • Underwriting
  • Actuary(Aktuaria)
  • Claim(klaim)


Contoh Umum Asuransi:
Sebuah Perusahan Asuransi Bernama Wayne Foundation, Perusahaan tersebut memiliki nasabah yang ingin mengclaim asuransinya. Jason Todd adalah pemilik polis yang ingin mengajukan asuransi jiwa. jika terjadi sesuatu kepadanya, Jason Todd ingin asuransi Wayne Foundation membayar uang tunai sebesar 7 milyar rupiah kepada tertanggung yang Ia miliki, di kasus ini, Jason Todd memiliki 1 istri dan 2 anak yang dimana akan menjadi tertanggung dari asuransi tersebut.
dan Wayne Foundation menghitung biaya premi yang harus dikeluarkan Jason Todd menggunakan tabel mortalita. Tabel Mortalita adalah Tabel probabilitas bahwa individu dari berbagai usia akan mati dalam waktu satu tahun. contoh tabel mortalita:


Dana premi yang didapatkan akan dicatat oleh pihak underwriting untuk dicek hubungan antara client dengan perusahaan asuransi untuk kemudian diberikan kepada bagian actuary.
Pada bagian Actuary melakukan perhitungan untuk biaya premi yang sesuai dengan tabel mortalita
Divisi Claim bertugas untuk memberikan dana kepada nasabah/tertanggung sesuai dengan verifikasi dan kondisi polis sudah terpenuhi.

Wayne Foundation tidak mungkin menanggung seluruh biaya claim Jason Todd, sehingga Wayne Foundation bekerja sama dengan Queen Consolidate untuk membagi dana premi dan membagi dana claim Jason Todd prosedur ini dinamakan reasuransi. perusahaan Queen Consolidate melimpahkan tanggung jawab dana claim sisanya kepada perusahaan Xaviour Foundation, proses ini disebut retrosessi.









No comments:

Post a Comment