Friday, May 31, 2013

Review Film I, Robot - Interaksi Manusia dan Komputer



Di tahun 2035 seorang polisi yang techno-phobic (yang diperankan oleh Will Smith) menginvestigasi sebuah kasus yang dilakukan oleh robot, dan dapat menjadi ancaman pada kaum manusia.
Di film itu menceritakan tentang dimana sebuah zaman manusia hidup dengan teknologi robot. Robot-robot itu diciptakan untuk membantu segala pekerjaan manusia. Robot-robot seharusnya tidak memiliki perasaan, tapi ada sebuah robot yang diciptakan berbeda. Robot yang diciptakan berbeda ini ternyata membawa pesan rahasia yang diberikan oleh ilmuwan pencipta robot-robot tersebut.
Sebuah supercomputer yang disebut VIKI (Virtual Interactive Kinectic Intelegence) menjadi masalah utama dalam film tersebut. Kemampuan artificial intelegence dari VIKI membuat dia memutuskan bahwa manusia sendiri terlalu “jahat” oleh para kaum robot, sehingga dengan artificial intelegence dari VIKI membuat dia mengendalikan robot-robot yang ada di di kota tersebut menjadi jahat, dan membuat robot dapat menyerang manusia.
Dari film itu saya menyimpulkan bahwa sebenarnya teknologi – teknologi yang telah diciptakan harusnya tidak membuat manusia menjadi terlalu malas dan memiliki rasa ketergantungan oleh robot. Padahal robot sendiri sebenarnya bisa digunakan untuk aktifitas yang dapat mencelakakan manusia tapi perlu di lakukan, contohnya seperti test percobaan nuklir.

1 comment:

  1. asik min reviewnya, jadi pengen nonton :3
    kalo mau baca review film terbaru, bisa ke http://www.gostrim.com :)

    ReplyDelete